Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Selera Makan Drop? Begini 6 Cara Mengatasinya


Makanan lezat bisa jadi merupakan salah satu penyemangat hidup kita. Untuk mencicipi makanan yang khas, banyak orang melakukan perjalanan jauh bahkan hingga ribuan kilometer. Lalu, bagaimana rasanya jika kita kehilangan selera makan kita? 

Mungkin kita sering mengalami hal-hal seperti ini. Meski makanan terhampar di meja makan, kita tetap malas untuk menyentuh, apalagi memakannya. Segelas teh manis untuk sarapan pagi dan sepotong kue sudah membuat perut kita terasa eneg dan penuh. Terlebih saat bulan puasa. Selera makan kita benar-benar berkurang, bahkan nyaris hilang ketika puasa telah berjalan beberapa hari.

Perubahan pola makan saat puasa, membuat selera makan berkurang. Jadi, hilangnya nafsu makan adalah hal yang wajar selama puasa ramadhan. Sementara, dalam kondisi normal, kehilangan selera makan bisa disebabkan karena sakit, mengalami stres, atau karena mengonsumsi obat atau minuman tertentu yang membuat merasa eneg. 

Akan tetapi, meskipun wajar, tubuh tetap harus mendapatkan cukup nutrisi. Berikut ini adalah beberapa kiat meningkatkan nafsu makan.

Pertama, konsumsilah lebih banyak buah dengan rasa manis dan segar yang alami. Menurut livestrong.com (18/7/2017), buah-buahan seperti alpukat, pisang, kentang, ubi jalar atau jagung muda, ternyata bisa menaikkan nafsu makan. Demikian juga anggur, lemon, dan apel.

Kedua, makanlah dalam porsi sedikit, tetapi sering. Kita bisa menyediakan camilan yang sehat di atas meja kerja kita. Jika sedang berpuasa, saat buka ambil sepiring kecil camilan, lalu sesuai maghrib ditambah beberapa sendok nasi dan lauk pauk. Usai tarawih makan lagi, dan seterusnya.

Ketiga, makanlah sayuran yang rasanya pahit. Sayuran seperti daun pepaya, pare, daun singkong atau sawi pahit bisa menstimulasi produksi cairan empedu yang bisa merangsang nafsu makan.

Keempat, rempah-rempah dan cabe juga bisa merangsang selera. Tambahkan lebih banyak bumbu dapur ini di masakan kita. Namun, tentu jangan berlebihan, sebab bisa mengganggu pencernaan.

Kelima, minum air putih hangat juga bisa meningkat mood kita, sehingga bisa membangkitkan selera makan.

Keenam, rajin berolahraga dan relaksasi, sehingga tubuh menjadi lebih terasa rileks, tekanan berkurang, dan biasanya kita menjadi lebih bersemangat untuk makan.

Selamat mencoba! 

Penulis: Yeni Mulati.


Posting Komentar untuk "Selera Makan Drop? Begini 6 Cara Mengatasinya"

banner
banner