Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Deretan Makanan Penghilang Stres


Siapa sih, yang ingin mengalami perasaan gundah gulana karena stres atau patah hati? Semua orang pasti ingin merasakan kebahagiaan setiap saat, jika perlu tanpa jeda. Tetapi faktanya, selalu saja ada harapan yang tidak sesuai dengan kenyataan, yang membuat kita merasa seperti terjerembab ke jurang penuh bebatuan. 

Gejala stres jangan disepelekan ya, sebab stres bisa mengarah kepada depresi. Menurut data dari WHO, sebagaimana dikutip dari depkes.go.id (6/10/2016), tak kurang 35 juta orang di dunia mengidap depresi. Bagaimana dengan Indonesia? Dilansir dari gaya.tempo.co (21/5/2017), sekitar 9 juta penduduk Indonesia mengalami gejala tersebut.

Apakah Anda juga sedang mengalami stres? Mumpung akhir pekan, yuk coba lumerkan gundah gulana kita dengan beberapa jenis makanan ini.

Cokelat

Salah satu hormon yang mempengaruhi emosi atau mood positif pada tubuh kita adalah serotonin, yaitu hormon yang bisa menghadirkan perasaan bahagia. Tahukah Anda, ternyata cokelat sebagaimana dilansir dari ejournal3.undip.ac.id (6/2/2017) mengandung asam amino triptofan yang mempengaruhi kadar serotonin dalam otak manusia. Cokelat juga mengandung theobromin dan feniletilamin yang berdasarkan beberapa penelitian berefek positif terhadap kondisi kejiwaan seseorang.

Cokelat bisa dikonsumsi sebagai campuran roti, puding atau tart, tetapi paling bagus efeknya untuk mengatasi depresi adalah jenis dark chocolate, karena kandungan zat-zat tersebut di atas lebih siginifikan. Minumlah segelas cokelat panas pada saat kita mengalami gundah gulana, lalu rasakan betapa perasaan tegang kita berangsur-angsur akan hilang dan tubuh kita merasa rileks.

Makanan Pedas dari Cabe

Anda penggemar pedas yang disebabkan oleh cabe? Apakah Anda akan merasa bersemangat dan lebih bahagia setelah makan pedas? Itu bukan sugesti semata, akan tetapi karena pedas dari cabe sebagaimana dilansir dari eprints.walisongo.ac.id (retrieved 13/10/2017) ternyata mampu  meningkatkan kadar hormon endorfin dan serotonin pada tubuh yang mampu menghilangkan nyeri dan memberi perasaan nyaman. 

Jadi, memakan makanan pedas, khususnya dari cabe ternyata mampu meningkatkan mood dan menghilangkan depresi. Tapi awas, jangan sampai pedasnya kelewatan, ya, sebab juga kurang baik untuk pencernaan.

Makanan dengan Bumbu Lada Hitam

Makanan yang menggunakan bumbu lada hitam juga punya efek bagus untuk menghilangkan perasaan bad mood. Mengapa lada bisa menghilangkan stres? Tahukah anda, bahwa hal ini disebabkan karena senyawa piperine yang terdapat dalam lada hitam, yang ternyata bisa bertindak sebagai antidepresan.

Kepiting masak lada hitam, steak bertabur bubuk lada hitam, tumis brokoli bumbu lada yang pedas, atau berbagai jenis masakan dengan bumbu lada, bisa jadi pilihan weeekend kalian, apalagi jika kita sedang suntuk setelah seminggu penuh bekerja.

Yuk, dicoba! [US].


Posting Komentar untuk "Deretan Makanan Penghilang Stres"

banner
banner