Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tanda-Tanda Penyakit Gonore, Awas!


Hubungan intim yang tidak sehat, bahkan menyebabkan penyakit yang membahayakan, ternyata banyak terjadi pada generasi muda kita. Menurut data dari Perhimpunan Dokter Spesialis Kulit dan Kelamin (PERDOSKI), sebagaimana dilansir dari liputan6.com (13/8/2017), ternyata jumlah remaja yang mengidap penyakit kelamin terus meningkat. 

Sementara, di Amerika Serikat, menurut dailymail.com (26/9/2017), pada tahun 2016-2017,  terdapat 2 juta kasus penyakit klamidia, gonore dan sifilis. Ini belum penyakit yang lebih mematikan seperti HIV dan AIDS. 

Perilaku remaja saat ini yang sudah semakin bebas, termasuk dalam masalah seks, sangat dikhawatirkan menjadi sebab dari tingginya angka persebaran Penyakit Menular Seksual (PMS). Memahami bagaimana ciri-ciri PMS dan bagaimana persebarannya, serta edukasi yang masif tentang bagaimana pencegahannya, tentu menjadi bekal penting bagi remaja saat ini agar bisa lebih berhati-hati.

Salah satu PMS yang paling sering muncul adalah gonore atau kencing nanah. Apakah gonore itu? Gonore adalah salah satu penyakit seksual menular yang  disebabkan oleh bakteri Neisseria gonorrhoeae, atau yang juga disebut sebagai gonococcus. Penyakit ini bisa menimpa siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, dan biasanya menular karena sering gonta-ganti pasangan atau melakukan seks bebas.

Gejala gonore umumnya dirasakan dengan adanya rasa sakit atau perasaan seperti terbakar pada saat buang air kecil. Kadang kencing disertai pula dengan cairan seperti nanah dengan warna antara putih-kekuningan hingga kehijauan, yang disertai dengan peradangan dan bengkak yang terasa nyeri.

Sebagaimana dilansir dari mayoclinic.org (6/2/2018), gonorrhea bisa menyebabkan PID (Pelvic Inflammatory Disease), yang sangat berisiko terhadap kemandulan dan gangguan komplikasi pada kehamilan.

Penderita penyakit ini bisa terlihat dari kondisi mulutnya, khususnya jika dia melakukan oral seks. Sebab, gonore bisa menular tidak hanya seks melalui kelamin dan anus, tetapi juga mulut. 

Menurut situs klikdokter.com (10/3/2014), gonore pada mulut dicirikan dengan adanya stomatitis (lecet pada mulut dan gusi karena peradangan), atropi papila--yaitu hilangnya papila pada lidah khususnya bagian tengah (biasanya lidah terlihat lebih merah dari biasanya), dan juga adanya nanah keluar dari gusi, serta adanya arthritis pada rahang yang membuat sulit atau sakit saat digerakkan dan bengkak. 

Apa perlunya mengetahui tanda-tanda pada mulut ini? Sebagai salah satu kehati-hatian, jika suatu saat kita bertemu dengan seseorang yang hendak kita nikahi misalnya, dan ternyata dia memiliki tanda tersebut pada mulutnya, alarm kehati-hatian harus kita nyalakan. Cukup mengherankan jika seorang jomblo menderita gonore, karena penyakit ini ditularkan melalui kontak seksual.

Sebaiknya, carilah pasangan hidup yang sehat baik jasmani maupun rohani, dan terhindar jauh dari seks bebas. Sangat bagus jika pertimbangan religiusitas juga menjadi pilihan Anda dalam mencari pasangan hidup. Setuju?

Penulis: Ummu Syahidah.

Posting Komentar untuk "Tanda-Tanda Penyakit Gonore, Awas!"

banner
banner